Day: April 15, 2017

Fakta Mengenai Premi Asuransi Mobil

Asuransi mobil memberikan perlindungan dari beragam kejadian tak terduga yang bahkan bisa menyebabkan finansial membengkak. Akan tetapi, untuk dapat memperoleh perlindungan asuransi, premi menjadi salah satu syarat yang harus diamankan dalam setiap tahunnnya. Banyak hal menarik berkaitan dengan premi, mulai dari perlindungan utama, tambahan, hingga proses klaim.

Betapa menyenangkan memiliki asuransi mobil untuk melindungi kendaraan dari segala macam bentuk kerugian. Rasa aman sudah tentu didapat selama berkendara. Seperti halnya sekarang ini tingkat kecelakaan semakin meningkat, entah yang disebabkan oleh jalanan jelek ataupun juga ketidakpatuhan para pengguna jalan. Artinya, resiko kerugian sangat tinggi yang bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan keuangan. Bicara soal asuransi khususnya mobil maupun produk asuransi lainnya, dikenal istilah premi. Premi merupakan suatu bayaran yang wajib dilunasi oleh nasabah untuk dapat memperoleh perlindungan dari asuransi. Pada asuransi mobil, premi biasanya dibayar per tahun lebih panjang durasinya dibandingkan asuransi kesehatan, pendidikan, dan produk lainnya. Ada beberapa hal penting yang menyangkut premi asuransi, sebagai berikut:

Premi untuk perlindungan All Risk lebih mahal dari TLO

Perlindungan untuk asuransi kendaran terbagi dalam dua jenis, yang pertama all risk atau komprehensif dan yang kedua ialah Total Lost Only. Perlindungan asuransi type all risk ialah melindungi kerugian akibat kecelakaan secara menyeluruh atau dalam artian dari kejadian kecil yang mengakibatkan mobil sekadar penyok hingga membuatnya hancur. Sementara TLO hanya diberikan khusus untuk peristiwa dengan tingkat kerugian cukup parah di atas 75%. Menimbang dari manfaat tersebut bahwa all risk lebih besar proteksinya dan frekuensinya lebih sering terjadi maka tak heran kalau premi asuransi kompehensif jauh lebih besar dibandingkan TLO. Sekadar gambaran, untuk premi asuransi mobil jenis all risk sekitar 3 juta rupiah per tahun, sedangkan Total Lost Only kurang lebih 600 ribu rupiah per tahun. Pertimbangkan soal biaya premi dengan manfaat yang diperoleh untuk dapat memilih perlindungan yang tepat.

Baca juga: premi asuransi mobil Allianz

Tambah jaminan perluasan berarti meningkatkan tarif premi

Selain perlindungan utama, asuransi kendaran juga menawarkan proteksi tambahan yakni dari kerugian bencana alam seperti tsunami, banjir, longsor, gempa bumi, dan lain-lain serta tindakan kriminalitas, huru-hara, terorisme dan masih banyak lagi. Proteksi tersebut pada umumnya juga kerap diambil oleh sebagian besar masyarakat luas. Contoh untuk daerah yang rawan banjir, perlindungan tambahan sangat diperlukan untuk meminimalisir kerugian dari fenomena alam tersebut. Namun, untuk dapat memperoleh perlindungan tambahan nasabah harus membayar premi dalam jumlah lebih dari proteksi utama. Semakin banyak perluasan perlindungan maka akan bertambah besar pula tarif premi yang harus dibayar oleh nasabah asuransi.

Terlambat bayar premi bisa sebabkan klaim ditolak

Salah satu syarat untuk dapat mengklaim asuransi adalah polis asuransi harus dalam keadaan aktif atau masa proteksinya belum kadaluarsa. Agar polis asuransi dapat digunakan untuk pengajuan klaim, pembayaran premi asuransi tidak boleh menunggak. Jika pembayaran sering terlambat atau bahkan sudah di luar masa proteksi hal ini bisa mengakibatkan klaim asuransi ditolak. Bagaimana tidak, proteksi diberikan diluar perjanjian. Perusahaan tentu tidak ingin rugi untuk masalah yang berada diluar tanggung jawab mereka. Inilah sebabnya mengapa terlambat bayar premi bisa sebabkan klaim ditolak oleh perusahaan asuransi. Sebaiknya cek dan pertimbangkan terlebih dahulu berapa premi yang ditanggung sebelum memutuskan beli asuransi. Silakan lihat premi asuransi mobil ACA di sini.

Pembayaran premi adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh para nasabah asuransi. Miliki asuransinya, dapatkan manfaatnya!